5 Tips Beradaptasi Dengan Cepat Di Lingkungan Kerja Baru Anda

 5 Tips Beradaptasi Dengan Cepat Di Lingkungan Kerja Baru Anda

Adaptasi adalah penyesuaian terhadap lingkungan, pekerjaan, dan pelajaran. Adaptasi adalah cara bagaimana organisme mengatasi tekanan lingkungan sekitarnya untuk bertahan hidup. 

Organisme yang mampu beradaptasi terhadap lingkungannya mampu untuk: memperoleh air, udara dan nutrisi (makanan), mengatasi kondisi fisik lingkungan seperti temperatur, cahaya dan panas, mempertahankan hidup dari musuh alaminya, bereproduksi, merespon perubahan yang terjadi di sekitarnya. Organisme yang mampu beradaptasi akan bertahan hidup, sedangkan yang tidak mampu beradaptasi akan menghadapi kepunahan atau kelangkaan jenis.


Lingkungan baru, orang baru, tanggung jawab baru dapat membuat orang merasa tidak pasti. Tantangan lain yang mungkin akan Anda hadapi dalam tempat kerja adalah peraturan-peraturan yang berlaku di dalamnya. Intensitas tekanan dalam bekerja pasti akan terasa berat jika Anda tidak bisa beradaptasi secepat mungkin dengan itu. Juga karakter pemimpin / bos yang akan Anda hadapi. Tidak semua pemimpin mampu memberikan semangat dan nasihat pada bawahan dengan sabar. Karena karakter setiap pemimpin berbeda-beda.


Berikut 5 tips yang tepat untuk Anda agar bisa beradaptasi cepat dengan tempat kerja


1. Tidak malu bertanya

Selalu, selalu, selalu ajukan pertanyaan! Dapat dimengerti bahwa ketika Anda memulai, Anda mempelajari proses yang sama sekali berbeda, sehingga akan ada hal-hal yang perlu Anda pahami. Mengajukan pertanyaan tidak membuat Anda terlihat kurang cerdas, pada kenyataannya, mengajukan pertanyaan yang tepat memiliki efek sebaliknya.

Mengajukan pertanyaan adalah kebiasaan paling penting bagi para pemikir inovatif. Mengajukan pertanyaan menunjukkan bahwa Anda terlibat berpikir dan akan mendorong atasan baru Anda untuk melihat Anda sebagai seseorang yang yakin akan membawa ide-ide kreatif di masa depan.


2. Selalu mau terus belajar

Tidak memiliki pengalaman tetapi harus menyelesaikan proyek yang didelegasikan kepada Anda dapat membuat Anda khawatir atau stres. Itu sebabnya, jadilah pembelajar yang cepat! Buatlah skala prioritas pekerjaan dan target harian Anda, selalu ingin mendengar masukan dari mentor Anda, proaktif untuk menemukan detail pekerjaan Anda, bergabung dengan pelatihan dan seminar dapat meningkatkan pengetahuan dan meningkatkan keterampilan Anda. Terlibat dan melakukan tugas tambahan, menghadiri rapat, bekerja lembur, menerima tantangan yang lebih besar dari atasan Anda dapat membuat pengalaman Anda naik ke level berikutnya.

Selain itu pelajari dan beradaptasilah dengan budaya perusahaan. Menurut laporan yang diterbitkan oleh Randstad’s Work Watch Survey, 66% karyawan dewasa mengakui pentingnya mengadopsi nilai-nilai yang ada di lingkungan perusahaan untuk bisa berhasil dalam organisasi mereka. Untuk membantu Anda lebih memahami budaya perusahaan, Anda bisa bertanya kepada karyawan lain yang sudah lebih dulu berada di organisasi tersebut. Dengarkan informasinya dengan baik dan jagalah perilaku Anda sesuai dengan nilai-nilai yang dikembangkan sebagai budaya perusahaan tersebut.


3. Mencari mentor

Memiliki seorang mentor dapat mempercepat proses adaptasi Anda. Orang ini bisa jadi berada di departemen Anda, bos Anda, atau bahkan hanya rekan kerja yang ramah. Mereka akan menjawab pertanyaan yang mereka bisa dan membantu Anda menyesuaikan diri dengan budaya kerja dengan menjelaskan proses dan prosedur standar, tetapi yang lebih penting, mereka dapat membantu Anda mempelajari beberapa hal yang lebih penting yang tidak akan Anda temukan di buku pegangan. Misalnya, cara berkomunikasi terbaik dengan anggota tim Anda yang lain. Ini tidak hanya akan membantu Anda beradaptasi, tetapi juga akan membuat Anda merasa lebih menjadi bagian dari perusahaan dengan hubungan yang dekat ini.

Di beberapa organisasi, seorang karyawan baru akan didampingi oleh seorang buddy, untuk membantu proses adaptasi selama orientasi. Buddy melakukan peran yang hampir sama dengan peran mentor, tetapi buddy biasanya adalah rekan kerja Anda yang lebih berpengalaman. Buddy diharapkan melakukan segala hal yang dia bisa lakukan untuk membantu Anda menjadi sepenuhnya berpengetahuan dan terintegrasi ke dalam organisasi. 


4. Meminta umpan balik

Pada dasarnya, umpan balik merupakan sebuah komentar perusahaan atas kinerja seorang karyawan, atau komentar karyawan atas kinerja manajerial perusahaan. Umpan balik tidak sama dengan review kinerja atau evaluasi tahunan terhadap karyawan. Idealnya, umpan balik bersifat langsung, akurat, adil, jelas, dan berorientasi pada suatu tindakan yang terjadi sesuai dengan kebutuhan dan bukan mengikuti jadwal. Umpan balik dapat berupa hal positif atau negatif. Umpan balik yang efektif harus segera dilakukan daripada menunggu banyak pelanggaran atau keberhasilan yang menumpuk. Sebuah respon atau tanggapan yang cepat akan sangat membantu baik karyawan maupun perusahaan saat gagal atau berhasil memenuhi harapan. Umpan balik yang tertunda justru akan menyebabkan efek domino terhadap masalah-masalah yang ada.

Dengan memperbaiki keterampilan Anda dalam hal umpan balik, maka Anda juga akan meningkatkan kemampuan untuk mengenali serta merespons perilaku positif dan negatif.


5. Mencari tahu tentang orang-orang di sekitar

Berteman dengan rekan kerja lain sangat penting untuk Anda lakukan. Tidak hanya untuk bisa bekerja sama dengan baik, sebagai “anak baru” Anda juga bisa mencari tahu hal-hal apa saja yang harus Anda ketahui tentang perusahaan tersebut. Di luar mentor Anda, jadikan prioritas untuk menemukan lebih banyak teman kerja, hal ini akan membuat perbedaan. Dengan cara ini, Anda akan merasa lebih terhubung dan menjadi bagian dari banyak hal. Yang bisa Anda lakukan untuk mendapatkan banyak rekan baru adalah dengan memperkenalkan diri Anda, carilah momen untuk Anda berbincang dengan rekan kerja seperti misalnya bertemu di pantry atau lobby kantor. Selain itu Anda juga bisa menghafal nama rekan kerja baru Anda, dengan begitu rekan kerja Anda akan merasa dihargai dan lebih dekat dengan Anda.


Dengan menerapkan 5 tips adaptasi di atas, Anda akan siap menghadapi tantangan baru di lingkungan kerja yang baru.


Agen Judi Online Terpercaya Indonesia !!!
INIDOMINO Agen judi online IDN PLAY memberikan anda bonus cashback 0.3%, bonus Referral 20% dan juga Promo Terbaru dari IniDomino menyediakan Bonus Bulanan Dan Memberikan Hadiah Menarik Lainnya Sesuai TurnOver Yang Ditentukan.

Menyediakan GAME :
POKER
CEME
SUPERBULL
DOMINO
CEME KELILING
BANDAR CAPSA
BLACJACK
SUPER10
OMAHA
CAPSA SUSUN
QQ Spirit

Minimal Depsoit : 25.000
Minimal Withdraw : 50.000

Tersedia BANK BCA, BNI, BRI, MANDIRI, DANAMON, PERMATA & CIMB 

Jika berminat kami akan bantu anda daftarkan ya bosku ^^
Whats App : +85585849813
LINK ALTERNATIF : 
www.inilari.co
www.dominokau9.net
www.inispirit.com
www.inispirit.org
http://104.217.253.153/

#IniDomino #agen #judi #online #terpercaya #Poker #Domino #Ceme #Capsa #CemeKeliling #Superten #Omaha #BlackJack #Superbull #CapsaSusun #judionline #dominoterpercaya #domino

Komentar