Tips Irit Uang Belanja Di Luar Negeri

 Tips Irit Uang Belanja Di Luar Negeri

Banyak sekali pasar di luar negeri yang menawarkan barang-barang lengkap, unik dan harga terjangkau. Sebut saja Chatuchak Market di Bangkok, Petaling Street di Kuala Lumpur, serta masih banyak lagi.

Tapi jangan langsung tergoda. Anda harus jeli bila ingin belanja hemat di sana. 


Caranya mudah kok. Terapkan saja langkah ampuh berikut ini.


Jangan Buru-Buru

Biasanya, saat melihat barang yang eye catching, banyak dari kita ingin segera membeli barang tersebut. Walaupun harga yang ditawarkan bisa dibilang cukup tinggi.

Padahal, kalau Anda bersabar dan berkeliling di kios lain, bisa jadi Anda bakal menemukan barang yang sama dengan harga jauh lebih bersahabat. Intinya, jangan terburu-buru ketika hendak membeli sesuatu.


Terapkan Tawar-Menawar

Tawar-menawar wajib Anda terapkan bila ingin belanja hemat di luar negeri. Pertama, tawar 1/2 dari harga yang diberikan penjual, sebab ia selalu membuka dengan harga tinggi.

Berikutnya, Anda bisa menawar lebih rendah lagi kalau membeli barang dalam jumlah banyak. Dan terakhir, segera tinggalkan kios atau toko penjual ketika tidak ada kecocokan harga.


Jangan Membayar dengan Mata Uang Bernilai Tinggi

Ini merupakan salah satu kesalahan yang kerap diperbuat wisatawan. Memang, membawa mata uang bernilai tinggi seperti dolar Amerika atau poundsterling mempunyai keuntungan tersendiri, yakni diterima sebagai alat transaksi di banyak tempat.

Kendati demikian, alangkah baiknya Anda membayar menggunakan mata uang lokal. Pasalnya, Anda akan rugi apabila kurs mata uang tidak sesuai dengan harga barang sebenarnya. Lagipula, mata uang seperti dolar AS lebih baik dijadikan investasi, kan?


Berpergian Kawasan Chinatown

Chinatown sendiri rata-rata ditinggali orang keturunan Tionghoa ataupun imigran dari Cina. Nuansa oriental sangat kental dan terkenal sebagai surga belanja hemat para turis.

Buat Anda yang ingin mencari barang berkualitas lumayan, layak berkunjung ke sini. Berbagai oleh-oleh menarik bisa dibawa pulang. Sayang, Chinatown tidak berada di setiap negara sehingga Anda perlu mencari informasi lebih lanjut terkait negara yang hendak didatangi.


Ramah Kepada Penjual

Barangkali terdengar aneh, namun Anda juga wajib bersikap ramah kepada penjual. Tujuannya agar Anda mendapat diskon dan bonus menarik. Bahasa kerap jadi kendala dalam berinteraksi. So, mulailah dari bahasa tubuh terlebih dahulu, tersenyum misalnya. 


Komentar