Jangan Konsumsi Makanan Dalam Keadaan Mentah ini

 Jangan Konsumsi Makanan Dalam Keadaan Mentah ini

Selain buah-buahan, mengonsumsi makanan mentah berupa ikan untuk sashimi juga bisa memberikan dampak positif terhadap tubuh. Termasuk kandungan omega 3 pada ikan yang disinyalir meningkatkan kecerdasan dan membuat Anda tidak lagi mengalami depresi.

Kendati demikian, tidak semua makanan bisa Anda santap dalam kondisi mentah. 


Sejumlah makanan berikut baiknya dimasak hingga matang sebelum Anda memakannya. Seperti apa makanan yang dimaksud? Inilah dia:


Kentang

Konsumsi kentang mentah mengakibatkan perut kembung dan efek keracunan. Sebab, di dalam kentang terkandung zat tepung yang sulit dicerna. Jika terlalu lama disimpan di ruangan hangat atau lembab, kentang akan berubah warna menjadi hijau dan menghasilkan racun baru bernama solanine. Bagi Anda yang senang menyantap kentang, perhatikan permukaannya. Apabila terdapat bintik berwarna hijau, jangan dimakan.


Singkong

Makanan mentah ini terakhir yang berbahaya jika langsung dikonsumsi adalah singkong. Singkong mentah memiliki senyawa berupa sianida. Walau jumlahnya kecil, ketika masuk ke tubuh akan terurai menjadi hidrogen sianida. Sebuah racun sianida paling beracun dan mematikan.


Terong

Terong mentah memiliki kandungan berupa solanine, yang sangat beracun bagi tubuh. Anda akan mengalami efek gastrointestinal alias keracunan apabila mengonsumsi terong mentah dalam jumlah banyak. Sehingga masaklah terong sebelum dimakan.




Kacang merah

Kacang merah kaya akan kandungan bermanfaat antara lain protein, serat dan anti oksidan. Bagaimana bila dikonsumsi mentah-mentah? Menurut Kepala Nutrisi Terra’s Kitchen, Lisa Davis, hal itu bisa menimbulkan masalah pada perut. “Kacang merah mentah mengandung racun bernama phytohemagglutinin, yang dapat menyebabkan perut tidak nyaman dan gejala gastrointestinal seperti keracunan makanan,” tutur Lisa.


Susu

Susu yang baru diperah dari sapi tanpa proses pasteurisasi lebih dulu mengandung bakteri berbahaya berupa salmonella dan E coli. Menurut FDA, susu mentah berisiko menyebabkan penyakit bawaan makanan 150 kali lipat daripada produk susu lainnya.


Tepung Terigu

Mungkin Anda terkejut kalau ada orang senang menyantap tepung terigu mentah. Di dunia medis, mereka disebut mengidap amylophagia alias gangguan makan berupa suka mengasup tepung terigu mentah. FDA dan Centers for Disease Control and Prevention menemukan bahwa tepung tersebut berisiko bagi kesehatan. Sejak dari proses pengolahan sampai dibawa ke pasar, besar probabilitas tepung terkena patogen seperti E coli.


Sosis

Banyak orang salah kaprah terhadap daging olahan ini. Mereka mengira, menyantap sosis mentah boleh-boleh saja karena telah dimasak. Pada kenyataannya, menurut Food and Drug Administration (FDA), mengonsumsi sosis kemasan mentah berisiko terkena bakteri listeria yang hanya akan mati jika dipanaskan kembali.


Kacang Almond Pahit

Terdapat dua jenis kacang almond, yaitu manis dan pahit. Rupanya, kacang almond pahit sangat berbahaya jika dimakan mentah-mentah karena mengandung asam hidrosianat, perpaduan antara sianida hidrogen dan air. Menurut The Spruce, hanya membutuhkan sekitar 70 butir kacang almond mentah untuk membunuh orang dewasa.

Komentar