Trik Pengobatan Tradisional Cina untuk Membantu Anda Tidur Lebih Baik

 Trik Pengobatan Tradisional Cina untuk Membantu Anda Tidur Lebih Baik

Kurang tidur dapat berdampak serius pada suasana hati, konsentrasi, dan kesehatan kita. Pengobatan Tradisional Cina menawarkan beberapa wawasan tentang pengobatan insomnia dan gangguan tidur lainnya. Lain kali Anda menemukan diri Anda bolak-balik di tempat tidur, 

Cobalah tip dan trik ini untuk mendapatkan tidur malam yang nyenyak.


Apa penyebab dari tidur yang buruk?

Menurut Pengobatan Tradisional Cina (TCM), insomnia dan gangguan tidur lainnya adalah akibat dari ketidakseimbangan qi (energi). Saat qi bersirkulasi ke seluruh tubuh, ia mengalir melalui "meridian" tubuh, seperti paru-paru, jantung, limpa, hati, ginjal, perut, kantong empedu, dan sebagainya. Dari dua belas meridian utama, enam dianggap yin, dan enam dianggap yang, menurut konsep Tao kuno yin dan yang .

Sepanjang hari, energi yin dan yang di tubuh kita bertambah dan berkurang. Pada malam hari, yin (terkait dengan kesejukan) mendominasi tubuh, dan pada siang hari, Yang (terkait dengan panas) mengambil alih.

Gangguan tidur biasanya dikaitkan dengan ketidakseimbangan yin dan yang di dalam tubuh. Tidur berlebihan adalah defisiensi Yang, sedangkan insomnia adalah defisiensi Yin, dan berhubungan dengan sirkulasi yang buruk, defisiensi limpa atau stres. Mimpi buruk dikaitkan dengan ketidakseimbangan emosional atau terlalu banyak mengonsumsi makanan yang kaya rasa.


Saran diet di TCM untuk tidur yang lebih baik

Jika Anda mengalami kesulitan tidur , hati yang terlalu aktif mungkin menjadi penyebabnya. Untuk meringankan beban perut, hindari alkohol dan kafein, serta makanan manis, pedas, atau pedas, yang dianggap makanan yang (penghangat).

Sebaliknya, pertahankan makanan yang didominasi yin (mendingin). Makanan Yin cenderung berwarna hijau atau pucat, dengan kadar air yang tinggi. Bahan-bahan seperti tahu, mentimun, pisang, semangka, dan kacang hijau cocok untuk Anda. Beberapa makanan, seperti daging babi dan ikan, dianggap netral.


Bahan utama untuk orang yang kurang tidur

Secangkir teh krisan membersihkan panas (energi Yang yang berlebihan) di hati dan menenangkan saraf. Tambahkan goji berry untuk menyeimbangkan sifat yin yang melekat pada krisan dan membantu menyehatkan hati. 

Bahan lain yang meningkatkan tidur nyenyak termasuk buah lengkeng, yang dikatakan dapat meningkatkan sirkulasi. Ini bisa dimakan mentah, dikeringkan, atau direndam sebagai teh bersama dengan beberapa jujube merah dan segenggam goji berry untuk membantu sirkulasi.  

Jika Anda memiliki poria yang dihancurkan atau menjadi bubuk, sejenis jamur, yang dikenal sebagai fu ling atau tuckahoe,  Anda dapat menambahkannya ke semangkuk bubur hangat dan memakannya beberapa jam sebelum tidur.

Biji jujube ( suan zao ren ) biasanya diresepkan untuk mengobati insomnia. Ini memperkuat sirkulasi dan menenangkan pikiran, membuat Anda tidak mudah tersinggung dan gelisah. Anda bisa merendam biji jujube dalam air panas untuk diminum sebagai teh. Cara lainnya, rebus bijinya bersama dengan daging lengkeng dan poria untuk membuat sup.


Tips untuk tidur lebih nyenyak

Terletak di belakang telinga adalah titik akupresur yang disebut anmian , yang diterjemahkan menjadi "tidur nyenyak" dan digunakan untuk mengobati insomnia. Itu ditemukan di antara telinga dan dasar tengkorak, di mana ada sedikit cekungan di sebelah tulang yang disebut proses mastoid. Letakkan jari Anda pada depresi ini dan tekan dengan gerakan memutar. Setelah berputar 100 kali, Anda akan merasa lebih rileks dan siap untuk istirahat.


Rendam kaki Anda dalam air panas

Memijat tungkai bawah dan kaki Anda dapat membantu mendorong darah mengalir dari otak yang terlalu terstimulasi. Lebih baik lagi, mencelupkan kaki Anda ke dalam air panas melebarkan pembuluh darah di kaki bagian bawah, mendorong darah mengalir ke bawah. Cari ember atau bak plastik dengan ruang untuk kedua kaki, dan isi dengan air panas (secara bertahap, untuk menghindari melepuh sendiri). Jahe segar atau bubuk dikenal untuk memperkuat energi Yang tubuh, dan menambahkannya ke dalam rendaman dapat membantu orang-orang dengan ekstremitas dingin. Anda dapat menghentikan perendaman setelah Anda mulai mengeluarkan sedikit keringat, yang menandakan bahwa saluran energi tubuh yang stagnan telah terbuka.


Patuhi jadwal tidur yang teratur.

Tidur di malam hari dan terbit bersama matahari membuat tubuh kita selaras dengan yin dan yang alam semesta. Tidur pada jam-jam ganjil mengganggu aliran yin dan yang dalam tubuh, menyebabkan insomnia dan mencegah tidur nyenyak dan restoratif.


Pergi tidur antara jam 9 malam dan 11 malam.

Menurut TCM, berbagai organ tubuh berfungsi dan mengisi kembali dirinya sendiri pada waktu yang berbeda dalam sehari. Selama tidur, kantong empedu, yang mengontrol emosi dan penilaian, dan hati, yang bertanggung jawab atas sirkulasi dan kesejahteraan emosional, memperbaiki diri. Tidur larut akan menghabiskan cadangan energi dari organ-organ tersebut, yang dapat menyebabkan penilaian yang buruk dan ketidakstabilan emosi.


Bermeditasi sebelum tidur

Praktisi TCM percaya bahwa ketika kita merasa marah atau frustrasi, kita mengalami ledakan panas di hati. Gejolak emosional mengguncang tubuh dan menyebabkan qi mandek, yang dapat mengganggu kemampuan tubuh untuk tertidur. Itulah mengapa penting untuk menenangkan pikiran sebelum tidur. Salah satu cara untuk melakukannya adalah dengan berlatih meditasi kesadaran di tempat tidur. Fokus hanya pada napas Anda dan Anda menarik dan menghembuskan napas dalam-dalam, melepaskan pikiran yang tidak menyenangkan atau mengkhawatirkan. 

Komentar