Cara Menghilangkan Bau Ketiak Secara Permanen

 Cara Menghilangkan Bau Ketiak Secara Permanen


Ketiak basah dan bau tidak cuma mengganggu diri sendiri, tapi juga orang lain di sekitar. Di sisi lain, ada beberapa orang yang bisa tidak menyadari bau ketiak sendiri terjadi karena sudah terlalu “terbiasa” dengan aroma badannya. Lantas, bagaimana cara menghilangkan bau ketiak yang paling mudah tapi hasilnya permanen


Penyebab bau badan menurut sains

Tubuh manusia penuh dengan kelenjar keringat yang berfungsi untuk mendinginkan tubuh di saat-saat tertentu. Di area yang mengandung banyak folikel rambut seperti ketiak, kelenjar keringatnya disebut apokrin.Kelenjar ini berbeda dengan yang ada di permukaan kulit manusia pada umumnya yaitu kelenjar ekrin. Ketika mendinginkan tubuh, kelenjar ekrin akan mengeluarkan keringat yang tidak berbau.Hal yang sama terjadi pada kelenjar apokrin yang terdapat di ketiak atau lipatan paha. Bedanya, cairan keringat dari kelenjar apokrin di ketiak bisa berbau ketika ada bakteri di permukaan kulit.Biasanya, hal ini mulai terjadi pada remaja yang sedang dalam fase pubertas. Ini normal, namun pada beberapa orang bisa berarti kondisi ketiak kurang bersih


Cara menghilangkan bau ketiak yang menyengat


Cara menghilangkan bau ketiak bergantung pada seberapa parah dan apa penyebab bau badan seseorang.Bau badan bisa disebabkan oleh kurangnya menjaga kebersihan tubuh, menggunakan produk yang salah, atau kondisi medis lain yang perlu ditangani.Beberapa cara menghilangkan bau ketiak yang umum dilakukan di antaranya:


Pilih bahan pakaian yang tepat

Apabila aktivitas sehari-hari cenderung membuat Anda berkeringat, pilih bahan pakaian yang memungkinkan kulit bernapas seperti katun atau linen.Selain itu, hindari mengenakan pakaian yang terlalu ketat. Pastikan ketiak bisa leluasa bernapas saat beraktivitas seharian.


Oles cuka apel

Selain beberapa cara menghilangkan bau ketiak di atas, ada bahan-bahan di rumah yang bisa membantu mengatasi bau badan.Salah satunya dengan mengaplikasikan cuka apel langsung ke ketiak menggunakan kapas.Cara ini bisa dilakukan dua kali sehari. Namun mengingat aroma cuka apel yang juga kurang sedap, jangan terlalu banyak mengoleskannya.


Menggunakan deodoran

Ada banyak deodoran atau antiperspirant yang bisa digunakan sebagai cara menghilangkan bau ketiak.Biasanya, deodoran digunakan usai mandi untuk membantu menghilangkan bau badan.Meski demikian, ada banyak sekali jenis deodoran dan perlu mencari mana yang paling cocok dengan kondisi masing-masing.Perlu diingat pula bahwa deodoran biasanya mengandung alkohol sehingga area ketiak menjadi bersifat asam.Alkohol ditambahkan agar bakteri tidak bisa berkembang biak di kulit dan menyebabkan bau. Namun amannya, pilihlah deodoran antibakteri yang tidak mengandung alkohol.


Oleskan lidah buaya

Lidah buaya juga merupakan sumber antioksidan dan antibakteri yang bisa menjadi cara menghilangkan bau ketiak.Caranya adalah dengan mengaplikasikan gel lidah buaya secukupnya dan diamkan semalaman. Saat pagi hari tiba, bilas hingga bersih.


Gosok ketiak dengan kentang

Jika ada kentang di dapur, coba iris tipis kemudian gosok pelan-pelan langsung ke ketiak.Diamkan selama beberapa waktu hingga sari kentangnya kering. Kemudian, balurkan deodoran di ketiak.Berkat kandungannya, kentang dapat mengendalikan produksi keringat dan mencegah bakteri ada di ketiak. Kandungan asam alami dari kentang dapat membantu menurunkan pH di kulit ketiak.


Minyak kelapa

Minyak kelapa mengandung asam lemak rantai sedang, yang sangat perkasa melawan berbagai mikroba. Itulah mengapa minyak kelapa dipercaya dapat membunuh bakteri di ketiak sehingga menghilangkan bau tak sedap.Siapkan minyak kelapa dan oleskan langsung ke ketiak dengan jari-jemari Anda. Setelah itu, diamkan hingga minyak kelapa menyerap ke dalam kulit.Lakukan cara menghilangkan bau ketiak ini sebanyak 1-2 kali dalam sehari, lebih baik setelah mandi.


Jaga kebersihan tubuh

Tidak menjaga kebersihan tubuh dengan cara mandi atau berganti baju secara teratur juga bisa menjadi pemicu munculnya bau ketiak.Maka itu, selalu jaga kebersihan tubuh dengan mandi secara berkala terutama setelah beraktivitas fisik cukup berat seperti olahraga.


Oles minyak atsiri atau essential oil

Pilihan lain untuk menghilangkan bau ketiak adalah dengan minyak atsiri atau essential oil seperti lavender dan tea tree.Caranya adalah dengan mencampur minyak atsiri dengan air dan tempatkan di botol semprot. Kemudian, semprotkan ke ketiak dua kali sehari.Kandungan antibakteri dalam minyak ini bisa mencegah berkembang biaknya bakteri di ketiak.Selain itu, wangi dari minyak atsiri juga dapat mengatasi bau badan.


Balurkan soda kue

Rupanya, soda kue juga bisa menjadi cara menghilangkan bau ketiak. Bahkan, bisa membuat ketiak tetap kering dan bebas keringat.Caranya adalah dengan mencampur soda kue dengan ekstrak lemon. Kemudian, aplikasikan langsung ke ketiak selama 2-3 menit sebelum membilasnya saat mandi.

Komentar