Ternyata Bersepeda di malam hari lebih seru

 Ternyata Bersepeda di malam hari lebih seru

Jika kita sudah mulai bersepeda di malam hari, kita akan menyadari bahwa kita bisa bersepeda lebih jauh dan lebih lama dari apa yang kita bayangkan. Tidak akan seburuk yang ada dipikirkan, ketika dilakukan dengan perencanaan yang matang, bersepeda di malam hari lebih memotivasi kita untuk terus bersepeda. Mari kita lihat terlebih dahulu, alasan untuk bersepeda di malam hari.


Kenapa bersepeda malam

Ketika kita melihat banyak orang bersepeda di malam hari, mungkin agak aneh, tetapi beberapa alasannya.


Perlengkapan yang unik

Ada banyak perlengkapan unik yang bisa kita coba. Bagi yang senang dengan perlengkapan unik, bersepeda di malam hari adalah kesempatan untuk memakai dan mendandani sepeda agar lebih unik. Lampu di jari-jari sepeda, jaket reflektive, helm sepeda dengan lampu, pedal, akan terlihat lebih menyala dan keren di malam hari.


Jadwal yang padat

Tidak bisa dipungkiri, jadwal kerja dan kegiatan kampus / sekolah memang menyita sebagian besar waktu, sehingga kita merasa tidak ada lagi waktu untuk bersepeda karena ingin beristirahat. Memakai waktu kososng di malam hari, akan membuat istirahat yang lebih berkualitas, setelah bersepeda malam, biasanya tidur akan lebih pulas, dan juga mengurangi begadang yang berlebihan.

Tidak harus rutin setiap hari, cukup 30 menit sampai 1 jam, sudah lebih baik bekerja tidak berolahraga sama sekali! Artikel kenapa bersepeda mungkin bisa menjelaskan lebih baik.


Tidak Panas

Terlebih di negara tropis di Indonesia, sekarang juga kadang sakit ini masih terasa panas, yang membuat malas untuk keluar rumah. Malam hari tidak ada lagi matahari dengan panas yang menyengat. Jadi kita tidak perlu khawatir kulit yang terbakar akibat panas pada malam hari. Malah jika terlalu dingin, gunakan pakaian sepeda untuk menjaga angin malam yang lebih lembab.


Skill Teknik bersepeda

Untuk bersepeda di malam hari, kita harus lebih waspada. Tidak hanya karena jalan yang lebih gelap, tetapi juga pengemudi kendaraan yang lebih agresif di malam hari. Pandangan harus lebih waspada terhadap lubang, mengantisipasi tikungan, dan teknik mengerem sepeda yang baik. Jika sudah terbiasa, maka keterampilan bersepeda kita dengan sendirinya akan bertambah bagus.


Lalu lintas lebih sepi

Aktivitas di jalan raya pada malam hari tidak akan sesibuk pada waktu pagi atau ketika matahari masih ada. Jalan lebih lenggang dan tidak terlalu macet. Hal ini membuat ruang yang lebih baik bagi kita untuk bersepeda, dan tidak tertahan oleh kemacetan jalan. Tetapi jalan sepi juga memancing pemakai lalu lintas berkecepatan lebih tinggi, jadi kita harus tetap bersepeda divensive.


Pemandangan yang berbeda

Suasana malam hari berbeda dengan suasan siang hari. Kita akan melihat pemandangan dan suasana yang berbeda. Toko atau orang yang hanya berjualan atau berkegiatan di malam hari menjadi pemandangan dan pengalaman yang menarik, yang tidak kita temui di waktu-waktu lain. Jika kita bersepeda gunung offroad di malam hari, akan ada binatang-binatang yang aneh yang kita temui, dapat mengganggu, tetapi juga bisa menyenangkan.


Solusi bersepeda di malam hari 

bersepeda di malam hari memang lebih berbahaya. Tetapi solusi bersepeda berikut akan membuat bersepeda di malam hari lebih aman dan menyenangkan.


Perlengkapan reflektif

Perlengkapan reflektif adalah penerangan yang bersifat pasif. Artinya dia membutuhkan cahaya agar menyala, tidak bisa mengeluarkan cahaya sendiri. Perlengkapan reflektif ini juga akan sangat membantu agar orang tahu akan keberadaan dan tempat kita di jalan raya. Pada sepeda, perlengkapan reflektif tidak hanya dipasang pada depan dan belakang, tetapi juga bisa kita pasang di jari-jari sepeda, frame sepeda, pedal. Memakai stiker (scotchlite) yang reflektif akan memudahkan untuk pemasangan pada posisi yang bentuknya tidak rata atau sudah terjangkau.


Rute

Untuk sepeda malam, kita tidak sebebas pada saat terang untuk bereksplorasi. Ada daerah-daerah yang menjadi rawan untuk didatangi ketika malam, terlebih dahulu area rawan begal yang harus selalu dihindari. Rencanakan rute yang aman untuk dilalui sebelumnya, beberap aplikasi seperti peta google dan dapat memberikan jarak tempuh untuk rute yang kita rencanakan, sehingga kita bisa membina sesuai dengan jarak dan waktu kita sediakan.


Lampu

Lampu adalah keharusan, tidak bisa ditawar lagi. Investasi pada lampu sepeda tidak pernah rugi. Lampu sepeda adalah tool atau aksesoris wajib, baik untuk yang tidak bersepeda malam sekalipun. Seperti yang kita tahu, semua kendaraan yang ada di jalan raya diwajibkan untuk membuat lampu setiap saat, termasuk sepeda.

Lampu sepeda bukan hanya untuk menerangi jalan yang kita lalui, tetapi yang tidak kalah pentingnya juga adalah agar kita terlihat. Dan penting untuk mengarahkan lampu ke jalan, sekitar 20 derajat menurun dari posisi datar, sehingga lampu tidak akan menyilaukan orang pengendara atau orang lain di jalan. Pemakaian lampu strobo yang sangat terang juga sebaiknya dihindari. Pakailah lampu dengan jarak yang cukup panjang, sehingga kita bisa terlihat dari jauh, dan juga akan banyak membantu ketika tikungan, lampu kita sudah akan terlihat dari jarak aman, sebelum kita melewati tikungan.


Kelompok sepeda

Bersepeda berkelompok akan lebih aman, menyenangkan dan memotivasi kita. Kita akan merasa ada teman yang akan membantu jika ada kesulitan yang bakal kita hadapi, sekaligus juga semangat untuk bersepeda. Termasuk yang mau bersepeda offroad, sebaiknya membawa teman, dari harus stuck sendiri di tengah area tak bertuan. Seperti kelompok sepeda bike to work yang suka bergerombol, tidak hanya untuk olahraga, tetapi juga kita bisa mendapatkan teman baru.


Pastikan sepeda dalam keadaan bagus

Tidak semua bengkel masih buka di malam hari, jadi peluang menemukan bengkel jika ada kerusakan akan lebih kecil saat bersepeda malam. Itulah kenapa kita perlu memastikan sepeda pada kondisi yang bagus untuk dibawa. Pre check list atau oeriksa sepeda sebelum dibawa, salah satu metoda yang mudah untuk pemeriksaan sepeda adalah metoda ABC atau (Larangan udara / tekanan - Rem / rem - Rantai / rantai), 3 komponen utama sepeda yang menyebabkan kecelakaan jika dipakai dalam keadaan rusak.

Tidak ada salahnya juga membawa multitool sepeda atau menyimpan alat bongkar pasang kecil yang biasa dipakai seperti kunci L, rantai cadangan, larangan pada sepeda.


Apakah kamu yang dimaksud dalam kategori bersepeda malam ^^

Certakan pengalamanmu saat bersepeda malam hari di bawah ..


Komentar