Mencegah Penyakit Dengan Menerapkan Pola Hidup Sehat

 Mencegah Penyakit Dengan Menerapkan Pola Hidup Sehat


Pola hidup sehat dapat kita lakukan dengan beberapa hal, misalkan seperti mengonsumsi makanan sehat dan bergizi, mengutamakan aktivitas fisik, istirahat yang cukup serta mengutamakan kebersihan lingkungan di daerah sekitar. Perubahan gaya hidup tersebut tentunya dapat menjadi upaya untuk menjaga kesehatan dalam jangka panjang. Selain berdampak pada kesehatan tubuh, dengan penerapan perilaku di atas, berikut beberapa penyakit yang dapat diatasi.


Stroke

Penyakit stroke terjadi ketika aliran darah yang menuju ke otak berkurang atau terhambat dan akhirnya sel-sel otak menjadi mati. Pada penyakit ini, pola sehat dapat menjadi salah satu solusi untuk mencegahnya karena obesitas, kurang aktivitas fisik, serta minuman alkohol secara berlebihan merupakan penyebab stroke.


Diabetes

Diabetes adalah penyakit gangguan metabolik menahun yang disebabkan pankreas tidak memproduksi cukup insulin atau tubuh tidak dapat menggunakan insulin yang diproduksi secara efektif. Insulin adalah hormon yang menjaga keseimbangan kadar gula darah. Diabetes terbagi atas diabetes tipe 1 dan tipe 2. Pada tipe 1, tubuh penderita tidak mampu memproduksi insulin sehingga hanya tergantung pada pemberian insulin dari luar tubuh. Sedangkan, pada diabetes tipe 2, insulin masih dapat diproduksi di dalam tubuh, namun kerja insulin tidak efektif karena adanya penurunan kemampuan hormon insulin untuk menurunkan kadar gula dalam darah. Kurang berolahraga serta terlalu banyak makan makanan dengan gizi yang tidak seimbang dapat menjadi pemicu diabetes.


Hipertensi

Definisi penyakit hipertensi atau tekanan darah tinggi oleh Joint National Committee on Detection, Evaluation, and Treatment of High Blood Pressure adalah tekanan yang lebih tinggi dari 140/90 mmHg. Penyakit ini dapat menjadi awal mula penyakit berbahaya lain, seperti jantung dan stroke. Meskipun berbahaya, penyakit ini terkadang tidak memiliki gejala yang cukup jelas. Rutinitas ke dokter mengenai tekanan darah dapat dilakukan agar pengukuran tekanan darah tidak diketahui secara pasti.


Jantung

Pola hidup sehat perlu diterapkan untuk mencegah adanya penyakit jantung. Penyakit jantung disebabkan oleh merokok, tingkat stres yang tinggi, makanan yang tidak sehat serta kurang olahraga. Pada perokok, aliran darah di dalam jantung berubah menjadi kental karena adanya sel radang yang diakibatkan oleh ampas dari tembakau. Selain itu, mengonsumsi terlalu banyak makanan yang mengandung lemak jahat akan membuat lemak tersebut menumpuk pada pembuluh darah di jantung dan membebaskan aliran darah.


Obesitas

Obesitas gangguan kesehatan yang gangguan oleh penumpukan lemak yang berlebihan di dalam tubuh. Penyebab dari obesitas adalah konsumsi kalori dengan kalori yang dikeluarkan oleh tubuh tidak siembang. Gemar mengonsumsi makanan berlemak dan aktivitas adalah pola hidup tidak sehat yang dapat gangguan kesehatan ini. Bahkan, obesitas dapat mengarah ke berbagai penyakit yang lebih berbahaya, seperti jantung.

Komentar